0877-8788-8991
alfian@bingkaiindonesia.org
Sariharjo, Sleman, D.I Yogyakarta

Kami Adalah

Perkumpulan “ BINGKAI INDONESIA” berdiri pada tahun 2009. Orang - orang dengan latar belakang akademis, studi dan pengalaman kerja sosial ( peneliti, pekerja lapangan, fasilitator dan evaluator program, editor film, kameramen film, fotofrafer, dll ) berada di dalamnya .

Beragamnya potensi sumber daya manusia ( SDM ) perkumpulan ini akan bekerjasama dalam bidang kerja ; Penelitian, Pembuatan Film, Teknologi Tepat Guna Alternatif dan Pengorganisasian Masyarakat berbasis pengalaman. Keempat bidang kerja tersebut merupakan sarana untuk mendukung pengembangan pengetahuan dan kemampuan masyarakat sehingga dapat berperan dalam menjamin pengelolaan sumber daya alam yang adil dan lestari.

BINGKAI INDONESIA bersifat Independen dan demokratis. Di dalam setiap kerjanya, perkumpulan ini berpegang pada prinsip penghormatan hak asasi manusia dan keseimbangan jasa alam - lingkungan

#

Sekilas Jejak Sejarah

Berawal dari perhatian terhadap situasi krisis identitas nilai kearifan kultural dan terancamnya keseimbangan jasa alam dan lingkungan di Indonesia. Dengan bermacam latar akademis ( bidang Pendidikan, Peternakan, Ilmu Kebencaanaan, Ekonomi dan Bisnis, Bahasa , Multi Media -Fotografi dan Film - dan Antropologi ) beberapa orang berkelompok,berdiskusi tentang tekanan dan ancaman terhadap budaya lokal dan kelestarian lingkungan. Sebagian besar peserta diskusi adalah pekerja mandiri ( bisnis ), pekerja sosial selama 10 – 15 tahun dan mahasiswa / mahasiswi. Diskusi berlangsung seperti “ ruang / tempat belajar bersama “.

Pesatnya perkembangan Teknologi Audio Visual sering menjadi pokok bahasan dalam diskusi kelompok tersebut, di samping tema budaya lokal dan lingkungan.Kurang optimalnya manfaat produk dokumentasi seperti film, foto dan produk visual lainnya adalah fokus perhatian .

Setelah berlangsung cukup lama, kelompok diskusi menghasilkan inisiatif / gagasan bersama untuk melakukan kegiatan - kegiatan riil di masyarakat yang berhubungan dengan perbaikan krisis identitas budaya lokal, lingkungan dan optimalisasi manfaat produk Audio Visual.

Maka, lahirlah BINGKAI INDONESIA.

#